Cara Menulis Artikel Di WordPress Menggunakan Classic Editor

Cara Menulis Artikel Di Wordpress Menggunakan Classic Editor - Kuytek.com
Cara Menulis Artikel Di Wordpress Menggunakan Classic Editor - Kuytek.com

kuytek.com Saat Anda membuat website atau web dengan WordPress, tempat yang sering Anda pakai ialah tempat Posting atau Posts yang dapat Anda buka lewat menu Posts. Untuk pengguna lama WordPress, pasti tempat itu sangat familiar, tetapi untuk pemula tempat Posts itu pasti jadi tempat yang asing dan sedikit memusingkan berikut ini Cara Menulis Artikel Di WordPress Menggunakan Classic Editor.

Beberapa dasar Cara Posting Di WordPress atau relatif gampang. Dari membuat artikel,insert gambar, membuat agenda publikasi sampai memakai feature lain.

Pada CMS WordPress ada beberapa tipe editor untuk menulis, saat ini saya akan bahas dua langkah yang dapat anda pakai yaitu memakai Classic Editor.
artikel ini memaparkan secara lengkap bagaimana cara memakai classic editor membuat artikel di WordPress dan penjelasan lengkap mengenai semua feature yang berada di area Posts.

Dalam artikel ini, Anda perlu mengistal plugin yakni

  • Plugin Classi Editor dan TinyMCE Advanced
  • Plugin SEO Yoast (untuk membantu anda dalam optimisasi on page SEO).

Langkah Pertama Cara Menulis Artikel Di WordPress Menggunakan Classic Editor

Langkah pertama cara menulis artikel di wordpress adalah log in pada wordpress Anda. Setelah masuk ke admin area WordPress, Anda memiliki dua pilihan untuk mulai membuat artikel di blog:

  • Klik pada tombol New pada toolbar admin
  • kemudian pilih Post
kuytek.com
Menambah Posts – Kuytek.com

Selanjutnya anda akan menuju halaman Editor post, dan kita akan jelaskan satu per satu mengenai fungsi nya.

1. Artikel Editor

Bagian ini merupakan bagian utama yakni tempat dimana anda menulis judul artikel dan isi artikel, serta mengatur format typography nya, baik font maupun text align nya.

Artikel Editor - kuytek.com
Artikel Editor – kuytek.com

Pada Bagian Gambar No 1, Bagian atas adalah Judul Artikel, di bagian tersebut Anda dapat menuliskan judul artikel.

Pada Bagian Gambar No 2 ialah Permalink, di sini ialah bentuk URL ditampilkan untuk artikel, Permalink akan membuat URL sesuai judul , tetapi Anda dapat mengubah dan membuat URL seperti keinginan Anda supaya lebih SEO friendly dengan click tombol ubah.

Pada Bagian Gambar No 3 ialah Add Media, di sini ialah tombol untuk masuk ke bagian media library WordPress, Anda dapat memilih tombol Add Media untuk menambah gambar,nama gambar, deskripsi, ukuran gambar, caption, link url target untuk gambar,atau tipe file lain ke postingan Anda.

Pada Bagian Gambar No 4 ialah Toolbar Editor, bagian ini menyajikan banyak ikon yang berperan untuk mempermudah saat lakukan formating pada tulisan atau content Anda, sebagai contoh untuk membuat dan mengatur typography tulisan, baik rata kanan, rata tengah atau kiri dan atur tebal tulisan.

Pada Bagian Gambar No 5 ialah Editor Konten, di bagian ini sebagai tempat yang utama dan di bagian ini tempat Anda untuk menulis artikel dan menambahkan media lain seperti gambar atau file lain.

Pada Bagian Gambar No 6 ialah Word Count, di bagian itu ada info  jumlah kata dari tulisan Anda.

Pada Bagian Gambar No 7 ialah Draft Date Edited merupakan waktu pembuatan dan waktu anda mengedit artikel.

2. Pengaturan Publikasi

berikut area untuk mengkonfigurasi pengaturan postingan artikel anda, disini opsi untuk penerbitan konten yang anda dikelola.
adapun penjelasan dapat anda lihat pada keterangan gambar, mari kita bahas satu persatu.

Pengaturan Publikasi - kuytek.com
Pengaturan Publikasi – kuytek.com

Pada Bagian Gambar No 1 ialah Save Draft : Tombol untuk save posting atau halaman yang Anda kerjakan yang belum siap untuk Anda posting. WordPress secara automatis menyimpan tulisan Anda saat Anda menulis.

Pada Bagian Gambar No 2 ialah Preview untuk menampilkan pratinjau langsung dari posting Anda. Anda bisa memakainya untuk melihat bagaimana artikel Anda akan terlihat ketika diterbitkan.

Pada Bagian Gambar No 3 ialah Status Artikel,merupakan status apakah artikel masih dalam draft atau sudah di publikasikan.

Pada Bagian Gambar No 4 ialah Visibility, memiliki fungsi untuk membuat konten atau artikel favorite Anda masih tetap tampil di depan walau telah ada posting baru.

Pada Bagian Gambar No 5 ialah Password artikel, memungkinkannya Anda membuat perlindungan posting artikel di WordPress dengan password.

Pada Bagian Gambar No 6 ialah Privat, Ini memungkinkannya Anda untuk secara individu menerbitkan artikel di website Anda. dan pada artikel yang bersifat privat hanya dapat di baca oleh user yang mempunyai hak akses artikel.

Pada Bagian Gambar No 7 ialah Publish, memungkinkan Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menjadwalkan posting maupun edit tanggal postingan di WordPress.

Pada Bagian Gambar No 8 ialah status artikel dari plugin, dan disini kita menggunakan plugin Yoast Seo.

Pada Bagian Gambar No 9 ialah hapus artikel, apabila anda ingin membatalkan atau menghapus artikel

Pada Bagian Gambar No 10 ialah Publish, ini merupakan tombol untuk menerbitkan artikel.

3. Tag Dan Category

Kategori dan tag membantu Anda mengelompokan atau mengatur Konten artikel Anda dalam format yang terorganisir dan bisa memudahkan penelusuran untuk beberapa pembaca.

Tags Dan Kategori - Kuytek.com
Tags Dan Kategori – Kuytek.com

Bukan hanya mempermudah pembaca menemukan artikel Anda, kedua feature tersebut juga dapat meningkatkan SEO. kita bisa menambahkan dengan cara click add Category dan Tag.

4. Feature Images

Feature ini memungkinkan kita menambahkan gambar maupun foto unggulan atau sebagai thumbnail artikel,
Kebanyakan tema WordPress mendukung feature images atau post thumbnail untuk sebuah artikel.
klik pada “set featured image,” keudian pilih gambar atau upload erlebih dahulu foto nya.

Feature Image - Kuytek.com
Feature Image – Kuytek.com

5. Screen Option

seperti terlihat pada gambar berikut, secara default wordpress hanya menampilkan beberapa tools saja,

Screeen Option - Kuytek.com
Screeen Option – Kuytek.com

namun kita dapat menampilkan pada opsi ini tools apa saja yang kita butuhkan dalam membuat artikel

6. Excerpts

Fitur excerpts dapat digunakan untuk menambahkan kutipan atau ringkasan singkat artikel Anda.

Excerpts - Kuytek.com
Excerpts – Kuytek.com

7. Send Trackbacks

jika artikel kita menggunkan referensi dari artikel website lain, feature ini berfungsi untuk memberitahu kepada website tersebut tentang postingan yang telah kita buat.

Trackback - Kuytek.com
Trackback – Kuytek.com

8. Custom Field

Anda dapat menggunakan untuk masukkan info custom tambahan secara manual di artikel.
misalkan nama penulis,editor dan referensi artikel, dan informasi yang lain.

Custom Field - Kuytek.com
Custom Field – Kuytek.com

9. Discussion

pada option ini kita bisa memilih untuk mengaktifkan atau nonaktifkan komentar pada artikel serta trackback untuk artikel

Discussion - Kuytek.com
Discussion – Kuytek.com

10. Slug

Merupakan URL pada website untuk artikel yang kita buat, wordpress sudah otomatis membuatkan url biasanya sesuai dengan judul artikel, namun disni kita bisa merubah nya

Slug - Kuytek.com
Slug – Kuytek.com

11. Author

WordPress secara automatis akan menentukan Anda sebagai penulis artikel, Tetapi pada feature ini anda bisa memilih user lain sebagai penulis artikel.

Author - Kuytek.com
Author – Kuytek.com

12. Optimasi SEO

Untuk hal ini tergantung dari plugin apa yang kita gunakan, jika menggunakan SEO by Yoast maka secara otomatis akan terdapat pilihan untuk pengaturan SEO di bawah editor postingan.

Optimasi Seo Yoast - Kuytek.com
Optimasi Seo Yoast – Kuytek.com

Biasanya terdapat tiga field kosong untuk mengisi judul artikel, deskripsi artikel dan kata kunci atau keyword. poin tersebut yang nantinya akan ditampilkan di hasil pencarian.

Kesimpulan

Anda sudah tahu beberapa landasan menulis artikel di WordPress. Beberapa landasan menulis artikel di website itu relatif gampang kan? Jadi menulis artikel di blog saja itu gampang, tapi untuk menulis artikel atau content yang berkualitas, banyak dibaca dan mendapatkan banyak trafik ialah suatu hal yang tidak gampang.
Sekian artikel tentang Cara Menulis Artikel Di WordPress Menggunakan Classic Editor, Semoga bermanfaat

 

KuyTek
Sebuah Hobi Yang Di Tungkan Kedalam Sebuah Tulisan, Semoga Bermanfaat